Pages

10.06.2012

Pengertian dan prinsip Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi


  • Pengukuran adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan bersifat kuantitatif.
  • Penilaian adalah kegiatan mengambil keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik buruk dan bersifat kualitatif. Sedangkan
  • Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian
  • Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
  • Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
  • Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian. Dalam dunia pendidikan, yang dimaksud pengukuran sebagaimana disampaikan Cangelosi (1995: 21) adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris.

Prinsip Evaluasi

Banyak sekali definisi evaluasi yang dikeluarkan oleh para ahli. Seperti yang disampaikan oleh Tague-Sutclife (1996 : 1-3),  yang mengartikan evaluasi bukan sekadar menilai suatu aktivitas secara spontan dan insidental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai hal-hal secara terencana, sistematik, dan terarah dengan berdasar pada tuiuan yang jelas. Di dalam pengertian ini yang bisa kita ambil adalah di dalam evaluasi terdapat proses penilaian untuk menilai data dan informasi yang telah berhasil dikumpulkan. Hingga pada akhirnya dengan penilaian tersebut kita dapat menentukan keputusan-keputusan yang tepat dan sesuai dengan kenyataan (data dan informasi) yang ada. 


Prinsip Penilaian

Penilaian atau assessment adalah berbagai cara yang dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kompetensi yang berhasil dicapai oleh peserta didik. Crawford (2000 : 13), mengartikan penilaian sebagai suatu proses untuk mengetahui atau menguji apakah suatu kegiatan, proses kegiatan, dan out put suatu program telah sesuai dengan tujuan atau kriteria yang telah ditentukan. Jelas di sini sebelum kita melakukan penilaian kita terlebih dahulu harus mempunyai kriteria-kriteria yang akan kita capai. Dalam membuat kriteria-kriteria ini maka pengukuranlah yang berperan di sini. Sehingga kita dapat melakukan perbandingan untuk menentukan layak atau tidaknya.
Namun beberapa kasus mungkin akan menunjukkan jika penilaian terkadang tidak perlu harus selalu melalui proses pengukuran. Karena bisa jadi untuk beberapa situasi kriteria-kriteria yang diperlukan telah disediakan atau menggunakan kriteria-kriteria sebelumnya. Di sini evaluator dappat langsung membandingkan data dengan kriteria yang ada untuk melakukan penilaian.


Prinsip Pengukuran

Pengukuran atau mengukur merupakan kegiatan membandingkan sesuatu. Pengukuran menggunakan satuan-satuan tertentu sehingga pengukuran dianggap bersifat kuantitatif. Tidak ada definisi khusus mengenai prinsip pengukuran ini karena hampir setiap hari kita melakukan pengukuran, entah sadar ataupun tidak.




Sekian artikel dari saya,... semoga bermanfaat bwt para reader sekalian,... dan jgn lupa berikan koment nya di box shout mix(sebelah kanan) yaa,... Tolong bila ingin CoPas artikel di atas, ikut sertakan alamat http://mahasis-ta-wa.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar