- Pengukuran adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan bersifat kuantitatif.
- Penilaian adalah kegiatan mengambil keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik buruk dan bersifat kualitatif. Sedangkan
- Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian
- Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
- Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
- Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian. Dalam dunia pendidikan, yang dimaksud pengukuran sebagaimana disampaikan Cangelosi (1995: 21) adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris.
Prinsip Evaluasi
Banyak sekali definisi evaluasi yang dikeluarkan oleh para
ahli. Seperti yang disampaikan oleh Tague-Sutclife (1996 : 1-3),
yang mengartikan evaluasi bukan sekadar menilai suatu aktivitas
secara spontan dan insidental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai
hal-hal secara terencana, sistematik, dan terarah dengan berdasar pada tuiuan
yang jelas. Di dalam pengertian ini yang bisa kita ambil adalah di dalam
evaluasi terdapat proses penilaian untuk menilai data dan informasi yang telah
berhasil dikumpulkan. Hingga pada akhirnya dengan penilaian tersebut kita dapat
menentukan keputusan-keputusan yang tepat dan sesuai dengan kenyataan (data dan
informasi) yang ada.
Prinsip Penilaian
Penilaian atau assessment adalah berbagai cara yang
dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kompetensi yang berhasil dicapai oleh
peserta didik. Crawford (2000 : 13), mengartikan penilaian sebagai
suatu proses untuk mengetahui atau menguji apakah suatu kegiatan, proses
kegiatan, dan out put suatu program telah sesuai dengan tujuan atau kriteria
yang telah ditentukan. Jelas di sini sebelum kita melakukan penilaian kita
terlebih dahulu harus mempunyai kriteria-kriteria yang akan kita capai. Dalam
membuat kriteria-kriteria ini maka pengukuranlah yang berperan di sini.
Sehingga kita dapat melakukan perbandingan untuk menentukan layak atau
tidaknya.
Namun beberapa kasus mungkin akan menunjukkan jika penilaian
terkadang tidak perlu harus selalu melalui proses pengukuran. Karena bisa jadi
untuk beberapa situasi kriteria-kriteria yang diperlukan telah disediakan atau
menggunakan kriteria-kriteria sebelumnya. Di sini evaluator dappat langsung
membandingkan data dengan kriteria yang ada untuk melakukan penilaian.
Prinsip Pengukuran
Pengukuran
atau mengukur merupakan kegiatan membandingkan sesuatu. Pengukuran menggunakan
satuan-satuan tertentu sehingga pengukuran dianggap bersifat kuantitatif. Tidak
ada definisi khusus mengenai prinsip pengukuran ini karena hampir setiap hari
kita melakukan pengukuran, entah sadar ataupun tidak.
0 komentar:
Posting Komentar